Rabu, 13 April 2011

KONTROVENSI PEMBANGUNAN GEDUNG BARU DPR



Mungkin bagi pembaca ini bukan lah kabar yang baru,namun kali ini kami akan mengangkat apa yang sekarang kembali jadi perbincangan di banyak media entah itu Media elektronik atau media lainnya.
Mengangkat judul "kontroversi Pembangunan Gedung DPR - RI "ini kami akan membawa para pembaca untuk memberikan kesimpulan dan tanggapan bagaimana ini dapat terjadi dan apakah layak hal itu dilakukan.
Mari pembaca kita bawa ke dunia lain di mana ini akan menjadi perbandingan dan evaluasi bagi para pejabat di negara kita ini.
Kita ketahui tender pembangunan gedung DPR - RI ini menghabiskan dana senilai 1.130 Milyar atau singkatnya 1,13 T.
Itu pastilah sebuah angka yang sangat fantastis sekali apa lagi bagi kita yang mungkin tidak tahu bisa dibuat apa kalau punya uang sebanyak itu.
Namun,sepertinya teriakan banyak orang mengenai pembangunan gedung itu tidak didengarkan oleh wakil rakyat dan proses pun terus berlangsung.
Sebagai pemikiran saja kalau Gedung itu dikatakan akan menjadi salah satu landmark ibukota dengan banyak fasilitas mewah didalamnya.
Pembangunan gedung DPR yang baru ini sangat kontras dengan keadaan negeri ini,dimana masih banyak orang lain,warga Indonesia yang masih butuh sentuhan tangan dari pemerintah nya.
Kita lihat saudara kita di daerah - daerah terpencil dan perbatasan,bahkan di ibukota sendiri masih ada yang tidak tersentuh pembangunan.
Mereka yang membutuhkan akses jalan lebih mudah,sekolah,dan fasilitas umum lainnya lebih terlihat pantas untuk mendapatkan dana sebesar itu.
Tapi kita tidak dapat berbuat banyak tapi kita bisa mengkritik apa yang menjadi kebijakan pejabat kita ini.
Alasan mengganti gedung yang lama karena sudah tua,atau alasan lainnya memang tepat saja karena tentu ini faktor keamanan dan menyangkut keselamatan banyak orang.
tapi jika Gedung itu masih cukup bagus dan kuat untuk beberapa tahun ke depan,mengapa harus terburu - buru membangun gedung baru.
melakukan tindakan preventif,itulah jawaban mereka pastinya.
Sehingga pembangunan memang masuk akal dalam hal ini,tapi mengapa biaya yang di keluarkan begitu besar sehingga membuat mata orang terbelalak tak percaya sehingga menjadikan ini kontroversi di publik.
angka 1,13 T bukanlah uang yang sedikit,akhirnya banyak isu yang mengatakan kalau ada praktek tidak jelas di dalamnya.
Seharusnya,bagi Pemerintah lebih mementingkan kesejahteraan rakyatnya sebelum melakukan suatu yang besar dan menelan banyak dana sehingga masyarakat tidak berpikir kalau pemerintah hanya memperkaya diri sendiri dan menikmati kemudahan di atas keterpurukan warganya.
Diisukan juga kalau proses perencanaan pembangunan gedung DPR yang abru ini tidak transparan dan tidak akuntable sehingga mengundang banyak lembaga swadaya masyrakat (LSM)anti korupsi mempertanyakannya.
Dalam hal ini pemerintah harus respect dan memberikan klarifikasi yang jelas dan penjelasan yang tepat.
Pembangunan Gedung ini juga dinilai tidak tepat jika di dalamnya ada fasilitas mewah seperti yang dikabarkan di banyak media seperti :
kolam renang,Tempat fitness,ruang luas dan perabotan mewah yang malah akan membuat makin tak percaya akan pemerintahnya.
Kinerja pemerintah yang dinilai masyarakat kurang baik beberapa waktu ini akan menambah kecurigaan warga Indonesia.
Alangkah bagusnya,jika pembangunan gedung ini di dampingi dengan pembangunan infrastruktur di daerah yang tertinggal yang sangat butuh bantuan dana dari pemerintah.
Jangan sampai warga kita di daerah terpencil dan perbatasan hanya menyandang nama Indonesia tapi tak memiliki nasionalisme terhadap negaranya.
Pembangunan harus merata dan dengan adanya pembangunan gedung DPR - RI yang baru ini akan membuat semacam polemik dan bisa menjadi isu tersendiri dalam memecah belah bangsa.
Jangan sampai Masyarakat hanya melihat kemewahan dan kemudahan hidup para pejabat negara sedangkan mereka tidak menikmati apa yang dinamakan Pembangunan negara .
Pemerintah harus tetap konsen terhadap masyarakat dan kami harapkan pemerintah mendengar teriakan rakyatnya sehingga hal - hal semacam demo anti pemerintah dan hal yang tidak diinginkan terjadi.
Lebih baik rakyat sejahtera merata daripada memiliki gedung mewah di tengah Kota.
Tapi semua itu kembali ke mereka yang duduk di pemerintahan.
Semoga pembangunan gedung DPR yang baru ini dapat berguna dengan baik dan jika memang dibangun semoga kinerja pemerintah semakin baik.
Alangkah indahnya jika negeri kita ini memiliki pembangunan yang maju ,Pemrintah sejahtera rakyat bahagia sejahtera.
Sekian info dari kami,semoga jadi bahan bacaan yang berguna dan bahan pemikiran yang bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar